Tips Backpacker-an ke Bandung

BlogV- Saat liburan tiba, jiwa backpacker-an saya auto bergejolak. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Bandung menjadi tujuan backpacker-an saya kali ini. Di tulisan ini, saya akan mencoba memberikan tips backpacker-an ke Bandung menggunakan kereta api.


Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

Rencanakan perjalananmu dengan matang.

Tentukan tanggal, durasi, dan anggaran kamu. Pilih kereta yang akan digunakan dan pesan tiketnya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa menggunakan situs web resmi PT KAI atau aplikasi lain seperti Traveloka atau Tiket.com untuk memesan tiket kereta.

Persiapkan barang bawaan kamu dengan bijak.

Bawa pakaian secukupnya, perlengkapan mandi, obat-obatan, dan barang penting lainnya. Jangan lupa membawa jaket atau sweater karena Bandung terkenal dengan udaranya yang dingin. Simpan barang bawaanmu di ransel atau tas yang mudah dibawa dan tidak terlalu berat.

Datang ke stasiun keberangkatan lebih awal.

Pastikan kamu sudah tahu nomor kereta, gerbong, dan kursi kamu. Tunjukkan tiket dan identitas kamu kepada petugas. Cari tempat duduk kamu dan nikmati perjalanan ke Bandung. Kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan atau mendengarkan musik untuk mengisi waktu.

Carilah hotel yang dekat dengan alun-alun Bandung

Setelah tiba di Bandung, cari hotel yang dekat dengan alun-alun kota Bandung. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Traveloka atau Agoda untuk mencari hotel yang sesuai dengan budget dan preferensi kamu.

Ada beberapa hotel yang berjarak kurang lebih 100 meter dari alun-alun kota Bandung. Kamu bisa memilih salah satu dari hotel tersebut atau mencari hotel lain yang lebih sesuai dengan kamu.

Wisata kuliner di Bandung

Setelah check-in di hotel, kamu bisa beristirahat sejenak atau langsung keluar untuk mencari makan. Salah satu warung makan yang terkenal di Bandung adalah Warung Nasi Ibu Imas. Warung ini menyajikan masakan Sunda yang lezat dan murah meriah. Kamu bisa mencicipi menu andalannya seperti ayam bakar, gepuk, kikil, perkedel jagung, dan jukut goreng. Warung ini memiliki beberapa cabang di sekitar alun-alun kota Bandung, jadi kamu bisa memilih yang paling dekat dengan hotel kamu.

Menikmati Bandung Malam hari

Setelah makan, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar alun-alun kota Bandung. Kamu bisa melihat monumen perjuangan rakyat Bandung, menikmati hiburan jalanan, atau bermain di taman bermain anak-anak. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan alun-alun kota Bandung, seperti Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung Sate, atau Braga City Walk.

Wisata ke Ciwidey menggunakan jasa travel wisata

Keesokan harinya, kamu bisa check-out dari hotel dan melanjutkan perjalanan kamu ke Ciwidey. Kamu bisa menggunakan jasa travel wisata untuk pergi ke Ciwidey. Beberapa jasa travel wisata yang menawarkan paket wisata ke Ciwidey adalah Ciwidey Tour by Travel Buddies, Ciwidey – 1 Hari by Travel Buddies dan 5 Paket Wisata Murah Ke Ciwidey Dari Bandung Mulai 120 Ribuan. Kamu bisa memilih salah satu dari paket wisata tersebut atau mencari paket lain yang lebih sesuai dengan kamu.

Di Ciwidey, kamu bisa mengunjungi dua tempat wisata yang menarik, yaitu Kawah Putih dan Kawah Rengganis.

Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah yang berwarna putih kehijauan dan beraroma belerang. Kawah ini merupakan hasil letusan Gunung Patuha yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang eksotis dan berfoto di sini.

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis adalah sebuah kawah dengan kolam air panas alami yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Kawah ini juga memiliki jembatan gantung yang terpanjang di Asia Tenggara. Kamu bisa melintasi jembatan gantung ini dan menikmati pemandangan hutan di kaki Gunung Patuha.

Setelah puas berwisata di Ciwidey, kamu bisa kembali ke Bandung dengan menggunakan jasa travel wisata yang sama.

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bandung di sepanjang jalan atau di tempat-tempat tertentu. Dan kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata lain di Bandung jika masih ada waktu. Beberapa tempat wisata yang populer di Bandung adalah Trans Studio Bandung, Farmhouse Lembang, dan Dusun Bambu Family Leisure Park.

Finally, Pulang ke rumah

Setelah sampai di Bandung, kamu bisa kembali ke stasiun kereta dan menunggu kereta kamu untuk pulang. Pastikan kamu sudah mengecek jadwal kereta dan nomor kursinya. Jangan lupa untuk membawa semua barang bawaan kamu dan tidak meninggalkan sampah di tempat-tempat yang kamu kunjungi. Selamat menikmati perjalanan kamu dan semoga tips ini bermanfaat. 😊


Postingan populer dari blog ini

Abrasi Pantai: Pencegahan dan Penanggulangannya

The Famous Natural Attractions in Bandung