Mudahnya Back to School with Home Credit Indonesia

BlogV – Tak terasa sudah memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 ya Bu. Bagi anak-anak, tahun ajaran baru sama saja dengan kegembiraan. Mereka akan menempati ruang kelas yang baru, walikelas yang baru, buku-buku dan peralatan yang baru juga. Seperti membuka lembaran kosong halaman pertama sebuah buku, tentu saja mereka juga memiliki semangat untuk menuliskan cerita di kelas dan tingkatan yang baru.


Begitulah. Back to School selalu menjadi momen yang menyenangkan bagi anak-anak. Sedang bagi orang tua, terkadang harus mempersiapkan financial dari jauh-jauh hari supaya kebutuhan anak-anak dapat terpenuhi. Lantas bagaimana cara memenuhi semua kebutuhan peralatan sekolah mereka bila tak memiliki kelebihan uang? Yuk baca tulisan saya ini sampai habis ya, Bu.

Tahun Ajaran Baru dan Semangat Baru

Para ibu, seperti juga saya, dituntut untuk bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik. Bila tak pandai mengelola keuangan, maka tak semua kebutuhan dapat terpenuhi. Apalagi yang suka berhutang, maka akan bertambah terus tumpukan hutangnya.

Tahun ajaran baru menjadi semangat baru untuk anak-anak. Mereka tentulah sudah request dari jauh-jauh hari, perlengkapan sekolah apa saja yang ingin mereka miliki di tingkatan kelas yang baru. Ada yang minta dibelikan laptop, ada yang minta smartphone, meja belajar sendiri, dan lain-lain yang membuat otak jadi cenat cenut. Namanya anak jaman sekarang, terkadang tidak bisa memahami betapa sulitnya mengumpulkan uang demi terpenuhinya kebutuhan mereka.

Tips Memanage Pengeluaran untuk Back to School

Bila tak menggunakan perhitungan yang tepat, maka orang tua akan kesulitan memenuhi perlengkapan sekolah mereka. Berikut yang biasanya saya lakukan dalam memanage pengeluaran untuk back to school, mengingat anak saya ada tiga dan tingkat pendidikannya juga semakin tinggi:

Membuat Anggaran

Pertama-tama, buatlah anggaran untuk keperluan sekolah. Rencanakan berapa banyak uang yang akan kita alokasikan untuk buku, seragam, perlengkapan tulis, dan kebutuhan lainnya.

Membuat Daftar Kebutuhan

Buatlah daftar lengkap keperluan sekolah anak-anak kita. Pisahkan antara kebutuhan yang mendesak dan yang bisa ditunda. Prioritaskan belanja sesuai kebutuhan utama. Bila kebutuhan utama sudah terpenuhi dan masih ada dana lebihan, baru bisa membeli keperluan yang berikutnya

Membandingkan Harga

Sebelum membeli, bandingkan harga di beberapa toko atau toko online. Jangan ragu untuk mencari diskon atau promo khusus untuk produk yang dibutuhkan. Biasanya ibu-ibu suka mencari tahu mana yang harganya lebih murah, agar bisa lebih berhemat.

Manfaatkan Program Belanja Cicilan

Beberapa toko menawarkan program cicilan tanpa bunga atau bunga rendah. Ini bisa membantu kita untuk tidak mengeluarkan uang sekaligus dan lebih mudah mengatur keuangan. Dalam hal ini ada brand yang sudah ternama dalam melayani pembiayaan perlengkap sekolah anak-anak kita.

Hunting Barang Bekas Berkualitas

Ibu bisa mempertimbangkan untuk membeli barang bekas yang masih layak pakai, seperti tas sekolah atau sepatu, jika itu bisa menghemat pengeluaran. Sehingga dana yang masih ada bisa digunakan untuk membeli keperluan lain.

Gunakan Voucher dan Kartu Diskon

Gunakan voucher atau kartu diskon dari berbagai promosi yang ada. Biasanya banyak penawaran spesial menjelang musim sekolah dimulai. Kesempatan seperti ini harus dipergunakan sebaik-baiknya. Toko buku besar banyak yang memberi diskon hingga 50 persen. Pandai-pandailah mencari tahu.

Mengurangi Makan di Luar

Mengurangi frekuensi makan di luar, dapat membantu kita dalam menghemat uang demi membeli perlengkapan sekolah. Buat ibu yang bekerja, dapat membawa bekal dari rumah. Selain menghemat uang juga lebih sehat.

Belanja Kebutuhan Secara Bertahap

Tidak perlu membeli semua kebutuhan sekaligus. Kita bisa membeli dalam beberapa tahap agar beban keuangan lebih terjangkau. Biasanya liburan kenaikan kelas memiliki waktu yang panjang. Bisa dicicil dari awal liburan.

Melibatkan Anak-anak

Ajak anak-anak berdiskusi tentang anggaran dan kebutuhan sekolah. Ini dapat mengajarkan mereka tentang nilai uang dan menghindari pembelian impulsif. Biasanya anak-anak memiliki keinginan yang beragam yang membuat orang tua tepok jidat. Dengan mengajak mereka berdiskusi, mereka akan belajar tentang skala prioritas dan tidak membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

Simpan Struk Belanja

Untuk yang satu ini, jangan sampai lupa ya Bu. Ibu harus menyimpan struk belanja sebagai bukti pembelian dan memudahkan jika ada barang yang perlu dikembalikan atau ditukar. Karena toko tak mau menerima penukaran barang tanpa struk pembelian.

Manfaatkan Promo Cashback

Buat ibu yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit atau aplikasi tertentu, biasanya beberapa aplikasi dan kartu kredit menawarkan promo cashback saat berbelanja. Manfaatkan promo ini untuk menghemat pengeluaran. Lumayan banget lho ini.

Periksa Kembali Persediaan

Pada saat liburan, ibu bisa menggunakan waktu senggang untuk memeriksa kembali ketersedian barang perlengkapan sekolah anak. Ajak mereka juga ya Bu. Karena bisa jadi beberapa barang masih dapat digunakan kembali tahun ini.

Ingatlah untuk selalu mengatur keuangan dengan bijaksana. Dengan melakukan perencanaan dan pengelolaan yang baik, kit dapat menghadapi persiapan kembali ke sekolah tanpa terbebani secara finansial.

Home Credit Indonesia

Sejak tahun 2013, saya kerap berbelanja di Home Credit Indonesia dalam memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah anak. Buat yang belum tahu apa itu Home Credit Indonesia, berikut penjelasannya.

Jadi PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi dengan jangkauan mitra toko yang luas di lebih dari 200 kota di Indonesia. Telah beroperasi sejak 2013, Home Credit kini berkembang menjadi mitra finansial terpercaya bagi jutaan pelanggan kami. Mereka turut mendorong keterbukaan akses terhadap layanan keuangan yang transparan dengan proses cepat dan mampu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka secara terencana termasuk mengelola keuangan dan cicilan mereka dengan baik.

homecredit.co.id

Buat saya yang terkadang kekurangan dana saat memasuki tahun ajaran baru, maka bisa mendapatkan barang yang diinginkan menggunakan cicilan sungguh sangat menyenangkan. Saya jadi bisa membeli apa saja perlengkapan yang dibutuhkan anak-anak tanpa harus pusing mengumpulkan uang yang rasanya tak terkumpul juga.

Barang yang bisa kita dapatkan di Home Credit Indonesia ini ada bermacam-macam, lho Bu. Ada laptop, smartphone, komputer PC, kamera dan masih banyak lagi.

Pesta Juara Home Credit Indonesia di JFK

Seperti yang terlihat di pameran Jakarta Fair Kemayoran (JFK), Home Credit Indonesia menjadi salah satu pesertanya dengan memberikan promo yang sangat menarik. Menempati stand di Hall A no 38 dari tanggal 16 Juni hingga tanggal 16 Juli 2023, Home Credit Indonesia menyediakan Sales Agent untuk membantu pelanggan mendapatkan barang yang diinginkannya. Mereka akan menjelaskan tentang promo yang diadakan saat berlangsungnya pameran dari tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2023 ini.

Bila ibu hendak berkunjung sekaligus mencari perlengkapan sekolah ke Home Credit Indonesia yang ada di JFK, bisa mengisi form terlebih dahulu di sini untuk mendapatkan reward. Sebagai informasi ada banyak promo di Home Credit Indonesia ini.

Promo Pesta Juara di JFK 2022

Ada banyak promo yang sangat menarik ketika kita berkunjung ke booth Home Credit Indonesia di JFK. Mau tau apasaja?

  • Periode Promo: 14 Juni – 16 Juli 2023.
  • Nilai Pembiayaan: Rp500.000 – Rp30.000.000
  • Berlaku di: PESTA JUARA
  • Komoditas: Semua komoditas
  • Tenor: 5, 6, 8, 9, 11, 12, 15, 18, 24 bulan
  • Bunga 0% berlaku untuk tenor 5, 8 dan 11 bulan jika bayar cicilan tepat waktu
  • Bebas 1x Cicilan – kalau bayar cicilan tepat waktu tenor 12 atau 15
  • Tenor 6, 9, 12 berlaku untuk semua komoditi
  • Tenor 15, 18, 24 berlaku untuk semua komoditi kecuali HP dan Gadget
  • Berlaku untuk seluruh pelanggan
  • Uang Muka: Mulai dari 0%
  • Biaya Admin: Mulai dari Rp0
  • Biaya Bulanan: Rp8.000
  • Kamu juga bisa memilih tambahan produk perlindungan kami:
  • AMAN (proteksi tambahan untuk cicilan/pembiayaan)
  • MAXCOVER & EASYCOVER (proteksi tambahan untuk smartphone, gadget dan laptop).

sumber: homecredit.co.id

Wahhhh promonya sungguh sangat menggiurkan ya Bu. Tertarik? Segera kunjungi Home Credit Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran sebelum berakhir besok. Semua kebutuhan jadi bisa terpenuhi berkat Home Credit Indonesia ini.

Buat ibu yang tak bisa berkunjung ke Home Credit Indonesia, jangan khawatir ya. Karena layanan cicilan dari Home Credit Indonesia juga bisa ditemukan di lebih dari 22 ribu toko di Indonesia. Sudah sebesar ini, Bu. Jadi tunggu apalagi? Segera datang ke toko Home Credit Indonesia terdekat di kota Ibu.

Aplikasi Home Credit Indonesia

Mengikuti perkembangan jaman yang sudah serba digital, Home Credit Indonesia juga memiliki aplikasi yang sangat memudahkan kita dalam berbelanja. Kita bisa mengunduh aplikasi My Home Credit Indonesia di App Store atau Google Play Store.


Di Aplikasi My Home Credit Indonesia ini kita akan bisa melihat berbagai layanan yang ditawarkan.

  • Pembiayaan Handphone meliputi handphone, smartphone dan aksesorisnya.
  • Pembiayaan Laptop yang terdiri dari Laptop, Laptop Gaming, Komputer PC, Printer, Scanner dan Aksesoris Laptop.
  • Pembiayaan Kamera.
  • Pembiayaan TV.
  • Pembiayaan Furnitur.
  • Pembiayaan Gadget.

Untuk mendaftar layanan yang ada di Aplikasi My Home Credit Indonesia ini, kita tinggal mengisi biodata dan memverifikasi KTP dan foto Selfi. Dapatkan layanan pembelanjaan senilai Rp 25juta untuk membawa pulang barang perlengkapan yang putra putri kita butuhkan. Selamat berbelanja, ya Bu.

Dengan Home Credit Indonesia, Semua Kebutuhan Jadi Bisa Terpenuhi

Postingan populer dari blog ini

Tips Backpacker-an ke Bandung

Abrasi Pantai: Pencegahan dan Penanggulangannya

The Famous Natural Attractions in Bandung