Tips Liburan Hemat ke Filipina

BlogV – “Horeeeee… Sebentar lagi liburan.” Teriakan yang umum terdengar kala bulan sudah memasuki Juni. Bagi anak sekolah, maka Juni dan Juli adalah masa-masa mengistirahatkan otak sejenak sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Dan bagi orang tua, memasuki bulan Juni biasanya mereka harus menyiapkan dana untuk memanjakan putra putri mereka selama libur kenaikan kelas. Ngomongin tempat liburan, bagaimana kalo liburannya ke Filipina? Pasti pada bengong deh. Pada berpikir liburan ke luar negeri kan mahal. Nah, kali ini saya akan berbagi tips liburan hemat ke Filipina. Semoga bermanfaat ya.


Yuk, Kenalan sama Filipina

Sebelum membahas tentang liburan hemat ke Filipina, ada baiknya kita kenalan dulu sama negara tetangga kita yang merupakan salah satu anggota negara ASEAN. Seperti apakah negara Filipina itu?

Filipina: Budaya & Keindahan

Filipina, secara resmi dikenal sebagai Republik Filipina, adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara. Negara ini terletak di bagian barat Laut Filipina dan di sebelah timur Vietnam dan Taiwan. Filipina terdiri dari lebih dari 7.600 pulau, dengan Pulau Luzon, Pulau Visayas, dan Pulau Mindanao sebagai tiga pulau terbesar dan paling penting.

Sejarah Filipina kaya akan pengaruh budaya asing, mulai dari pengaruh Hindu-Buddha, Islam, dan kemudian pengaruh Spanyol dan Amerika. Bangsa Filipina merupakan hasil dari perpaduan budaya dari berbagai etnis dan kelompok suku, yang mencakup suku Tagalog, Cebuano, Ilocano, Bicolano, Moro, dan banyak lagi. Bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Filipina, dengan bahasa Inggris juga diakui sebagai bahasa resmi dan banyak digunakan dalam pemerintahan, bisnis, dan pendidikan.

Filipina memiliki sejarah panjang dalam hubungan dengan negara-negara asing. Setelah berabad-abad menjadi bagian dari kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam regional, pada abad ke-16, bangsa Spanyol tiba dan menjadikan Filipina koloni Spanyol selama lebih dari 300 tahun. Pada tahun 1898, setelah Perang Spanyol-Amerika, Filipina menjadi koloni Amerika Serikat hingga meraih kemerdekaan pada tahun 1946.

Perekonomian Filipina telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Sebagai salah satu negara berkembang di Asia, Filipina memiliki sektor ekonomi yang beragam, termasuk pertanian, industri manufaktur, jasa, dan sektor keuangan. Sumber daya alam yang melimpah seperti bijih besi, tembaga, timah, emas, dan kayu juga menjadi kontributor penting bagi perekonomian Filipina.

Kekayaan alam Filipina juga tercermin dalam keindahan alamnya. Negara ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah, gunung-gunung yang menjulang, dan air terjun yang menakjubkan. Destinasi wisata populer di Filipina antara lain Pulau Boracay, Palawan, Cebu, Bohol, dan Banaue Rice Terraces.

Masyarakat Filipina dikenal dengan keramahannya dan warisan budayanya yang kaya. Mereka memiliki tradisi yang kuat dalam seni, tarian, musik, dan perayaan budaya. Festival-festival seperti Sinulog, Ati-Atihan, dan Pasko (Natal) merayakan identitas budaya Filipina yang beragam.

Namun, seperti negara lainnya, Filipina juga menghadapi tantangan dan isu-isu sosial. Beberapa di antaranya termasuk kemiskinan, ketimpangan sosial-ekonomi, korupsi, dan konflik bersenjata dengan kelompok-kelompok separatis di selatan negara ini.

Secara keseluruhan, Filipina adalah negara yang beragam, dengan kekayaan budaya, sumber daya alam, dan potensi ekonomi yang besar. Pemerintah Filipina terus berupaya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi negara ini dan memperbaiki kualitas hidup rakyatnya.

Pendidikan merupakan prioritas nasional di Filipina, dengan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi seluruh penduduk. Banyak universitas dan lembaga pendidikan yang terkenal di negara ini, serta banyak warga Filipina yang sukses dalam berbagai bidang, baik di dalam maupun luar negeri.

Filipina juga menjadi negara yang penting dalam hubungan internasional, terutama dalam kaitannya dengan negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Filipina adalah anggota aktif di berbagai organisasi regional dan internasional, termasuk ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Selain itu, Filipina juga memiliki industri pariwisata yang berkembang pesat. Pemandangan alam yang indah, keanekaragaman hayati, dan keramahan penduduk setempat menjadikan Filipina sebagai tujuan wisata populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Industri teknologi informasi dan komunikasi juga berkembang di negara ini, dengan kota-kota seperti Manila dan Cebu menjadi pusat teknologi dan inovasi.

Meskipun Filipina telah mengalami kemajuan yang signifikan, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial-ekonomi masih ada, terutama di daerah pedesaan. Pemerintah Filipina terus berusaha untuk meningkatkan akses ke layanan dasar, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, dan infrastruktur, untuk memperbaiki kehidupan rakyatnya.

Selain itu, upaya untuk menangani perubahan iklim dan kelestarian lingkungan juga menjadi fokus penting di Filipina. Negara ini rentan terhadap bencana alam seperti badai tropis, banjir, tanah longsor, dan gempa bumi. Pemerintah Filipina bekerja sama dengan organisasi internasional untuk memitigasi dampak bencana dan membangun ketahanan terhadap perubahan iklim.

Tips Liburan Hemat ke Filipina

sumber: Canva

Secara keseluruhan, Filipina adalah negara yang unik dengan kekayaan budaya dan alam yang luar biasa. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, Filipina terus berusaha untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

 

Hal-hal Menarik yang Ada di Filipina

Tips Liburan Hemat ke Filipina
Filipina memiliki sejumlah hal menarik yang membuatnya cocok menjadi destinasi wisata populer. Berikut adalah beberapa hal menarik yang ada di Filipina:

 

Pantai yang Indah

Filipina terkenal dengan pantainya yang memukau, dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pulau-pulau seperti Boracay, El Nido di Palawan, dan Siargao adalah beberapa tempat terkenal untuk menikmati pantai yang spektakuler.

 

Terumbu Karang dan Kegiatan Selam

Tips Liburan Hemat ke Filipina

sumber: Canva

Filipina memiliki keanekaragaman terumbu karang yang menakjubkan dan situs selam yang luar biasa. Terumbu karang Tubbataha Reefs Natural Park di Palawan, serta perairan Coron dan Apo Island, menawarkan pengalaman selam yang luar biasa dengan beragam kehidupan bawah laut.

 

Gunung-gunung yang Menakjubkan

Filipina memiliki lanskap pegunungan yang menakjubkan, yang menjadi daya tarik bagi para pendaki. Gunung Mayon di Provinsi Albay, Gunung Taal di Batangas, dan Gunung Pulag di Cordilleras adalah beberapa gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki.

 

Riset Alam dan Ekowisata

Filipina adalah rumah bagi berbagai spesies langka dan endemik. Tempat-tempat seperti Taman Nasional Puerto Princesa Underground River di Palawan dan Taman Nasional Chocolate Hills di Bohol menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan.

Festival dan Budaya

Filipina memiliki tradisi budaya yang kaya, dan festival-festival yang meriah dan berwarna adalah sorotan tahunan. Contohnya, Sinulog di Cebu, Kadayawan di Davao, dan Panagbenga di Baguio adalah beberapa festival yang menampilkan tarian, musik, pakaian tradisional, dan perayaan yang memukau.

Sejarah dan Warisan Budaya

Filipina memiliki banyak situs bersejarah yang mencerminkan pengaruh kolonial dan budaya asli. Di antara tempat-tempat bersejarah yang terkenal adalah Intramuros di Manila, yang merupakan bekas kota kolonial Spanyol, dan Candi San Agustin di Ilocos Sur, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kuliner Filipina

Filipina memiliki masakan yang lezat dan unik. Adobo, sisig, lechon, pancit, halo-halo, dan balut adalah beberapa hidangan populer yang harus dicoba saat mengunjungi Filipina.

Pasar Malam

Filipina memiliki pasar malam yang hidup dan bersemangat. Salah satunya adalah Mercato Centrale di Manila, yang menawarkan berbagai makanan lezat, kue-kue tradisional, dan barang-barang unik.

Alasan Filipina Layak menjadi Tujuan Petualangan

 

Liburan Hemat ke Filipina memang mesti kamu cobBerikut adalah beberapa alasan mengapa Filipina bisa menjadi tujuan petualangan yang menarik:

  1. Keindahan Alam yang Luar Biasa: Filipina memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari pantai berpasir putih yang indah, terumbu karang yang spektakuler, gunung-gunung yang menjulang, hingga air terjun yang megah. Dengan ribuan pulau dan keanekaragaman alam yang luar biasa, Filipina menawarkan banyak tempat untuk melakukan petualangan alam seperti menyelam, mendaki gunung, berpetualang di hutan, atau menjelajahi gua-gua.
  2. Aktivitas Air yang Seru: Filipina adalah surga bagi para pecinta olahraga air. Anda dapat melakukan selam di terumbu karang yang menakjubkan, berselancar di ombak yang hebat, menyelam dengan lumba-lumba, atau menyewa perahu untuk menjelajahi pulau-pulau terpencil. Pulau-pulau seperti Siargao, Boracay, dan Palawan dikenal sebagai tujuan populer untuk kegiatan air yang seru.
  3. Budaya yang Kaya: Filipina memiliki warisan budaya yang kaya dan beragam. Anda dapat mengunjungi kota-kota bersejarah seperti Intramuros di Manila atau menghadiri festival-festival budaya yang meriah di berbagai daerah. Menyaksikan tarian tradisional, mendengarkan musik lokal, dan mencicipi hidangan khas Filipina juga merupakan pengalaman budaya yang unik.
  4. Petualangann di Pegunungan: Filipina memiliki lanskap pegunungan yang menakjubkan dan menawarkan petualangan mendaki yang menantang. Anda dapat menaklukkan puncak-puncak gunung seperti Mount Apo, Mount Pulag, atau Mount Batulao. Terdapat jalur pendakian yang berbeda-beda, baik bagi pendaki pemula maupun yang berpengalaman.
  5. Wisata Sejarah dan Warisan Dunia: Filipina memiliki banyak situs bersejarah dan warisan dunia UNESCO yang dapat dikunjungi. Anda dapat menjelajahi kompleks Intramuros di Manila, mengunjungi Candi San Agustin di Ilocos Sur, atau menjelajahi Taman Nasional Puerto Princesa Underground River di Palawan. Menyaksikan peninggalan sejarah yang mengagumkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang budaya dan sejarah Filipina.
  6. Kesempatan untuk Berinteraksi dengan Penduduk Lokal: Filipina dikenal dengan keramahan penduduknya. Mengunjungi desa-desa tradisional atau berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat lokal dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan memahami kehidupan sehari-hari mereka.
  1. Keberagaman Budaya dan Etnis: Filipina adalah negara yang terdiri dari berbagai etnis dan kelompok suku. Setiap daerah memiliki budaya dan tradisi unik, yang menciptakan keberagaman yang menarik untuk dieksplorasi. Anda dapat mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat lokal, mempelajari adat istiadat mereka, dan menyaksikan kerajinan tangan tradisional yang indah.
  2. Makanan yang Lezat: Filipina memiliki warisan kuliner yang kaya dengan hidangan-hidangan yang lezat dan unik. Anda dapat mencicipi hidangan tradisional seperti adobo (daging dimasak dalam campuran kecap, cuka, dan rempah-rempah), halo-halo (campuran es serut dengan berbagai bahan seperti buah, jeli, kacang, dan sirup), pancit (mie Filipina), dan masih banyak lagi. Menjelajahi kuliner Filipina adalah pengalaman yang memuaskan bagi pecinta makanan.
  3. Pulau-pulau Terpencil dan Tersembunyi: Filipina memiliki ribuan pulau yang belum sepenuhnya dijamah oleh pariwisata massal. Ini memberikan kesempatan bagi para petualang untuk menjelajahi pulau-pulau terpencil yang belum banyak dijamah, menemukan pantai tersembunyi, dan merasakan ketenangan alam yang memikat.
  4. Kegiatan Ekstrem: Jika Anda mencari petualangan ekstrem, Filipina memiliki banyak opsi untuk Anda. Mulai dari arung jeram di sungai-sungai yang deras, zip line di atas hutan lebat, terbang dengan parasut layang di atas pantai yang indah, hingga terjun payung di pulau-pulau tropis. Negara ini menawarkan berbagai kegiatan adrenalin yang tak terlupakan.
  5. Pelayaran dan Penjelajahan Pulau: Filipina adalah destinasi yang ideal untuk menjelajahi pulau-pulau dengan kapal atau perahu. Anda dapat melakukan pelayaran melintasi kepulauan, mengunjungi pantai-pantai yang terpencil, menghabiskan malam di pulau-pulau kecil, dan menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan.
  6. Kehidupan Malam yang Bersemangat: Kota-kota seperti Manila, Cebu, dan Boracay menawarkan kehidupan malam yang bersemangat. Anda dapat menikmati makanan lezat, hiburan langsung, bar dan klub yang ramai, serta mengikuti pertunjukan musik dan tari yang menarik.

Filipina adalah negara yang penuh petualangan dan menawarkan berbagai pengalaman yang tak terlupakan. Keindahan alamnya, warisan budayanya, keramahan penduduknya, dan kesempatan untuk berpetualang menjadikan Filipina sebagai tujuan yang layak untuk pencinta petualangan dari seluruh dunia.

Tips Liburan Hemat  ke Filipina

Jika Anda ingin mengunjungi Filipina dengan hemat, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

  1. Pilih Musim Perjalanan yang Tepat: Musim wisata utama di Filipina adalah antara November hingga April, ketika cuaca umumnya cerah. Namun, harga akomodasi dan tiket pesawat bisa lebih mahal selama periode ini. Jika Anda ingin menghemat, pertimbangkan untuk mengunjungi Filipina pada musim rendah antara Mei hingga Oktober. Meskipun ada kemungkinan hujan lebih banyak, Anda dapat menemukan harga yang lebih terjangkau untuk akomodasi dan tiket transportasi.
  2. Cari Promo dan Diskon: Pantau promo dan diskon dari maskapai penerbangan, hotel, dan situs perjalanan online. Mereka sering menawarkan penawaran khusus atau diskon yang dapat membantu Anda menghemat biaya perjalanan.
  3. Pilih Akomodasi yang Terjangkau: Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda, seperti hostel, penginapan, atau penginapan masyarakat lokal. Menginap di daerah yang tidak terlalu ramai atau jauh dari pusat kota juga dapat membantu menghemat biaya.
  4. Gunakan Transportasi Umum: Menggunakan transportasi umum seperti bus, jeepney, atau tricycle dapat jauh lebih murah daripada menyewa mobil atau taksi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba naik jeepney, kendaraan ikonik Filipina, untuk merasakan pengalaman lokal yang unik.
  5. Makan di Warung dan Pedagang Kaki Lima: Nikmati hidangan lokal di warung dan pedagang kaki lima, karena biasanya lebih terjangkau daripada restoran mewah. Cobalah hidangan lokal seperti street food Filipina yang terkenal, seperti balut, isaw, atau fish ball.
  6. Rencanakan Itinerary dengan Bijaksana: Rencanakan perjalanan Anda dengan cermat untuk menghindari biaya yang tidak perlu. Prioritaskan tujuan wisata yang paling penting dan terdekat untuk menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan.
  7. Manfaatkan Wisata Gratis atau Murah: Filipina memiliki banyak tempat wisata yang dapat dinikmati tanpa biaya atau dengan biaya yang sangat terjangkau, seperti pantai publik, air terjun, taman, dan tempat-tempat bersejarah. Manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati keindahan alam dan budaya Filipina tanpa harus mengeluarkan banyak uang.
  8. Belanja di Pasar Tradisional: Jika Anda ingin membeli oleh-oleh atau suvenir, hindari pusat perbelanjaan mewah dan kunjungi pasar tradisional. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai barang lokal dengan harga yang lebih terjangkau, dan juga dapat bernegosiasi harga dengan penjual.
  9. Hindari Tempat Wisata yang Terlalu Terkenal: Beberapa tempat wisata yang sangat populer di Filipina seperti Boracay dan El Nido mungkin memiliki harga yang lebih tinggi karena permintaan yang tinggi. Anda dapat menghindari biaya yang berlebihan dengan memilih pulau-pulau atau destinasi yang kurang dikenal namun tetap menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Misalnya, Anda dapat menjelajahi pulau-pulau kecil di provinsi Palawan seperti Port Barton atau Pulau Malapascua di Cebu yang masih mempertahankan keaslian alam dan memiliki biaya yang lebih terjangkau.
  10. Cari Aktivitas Gratis atau Berbiaya Rendah: Filipina menawarkan banyak aktivitas gratis atau berbiaya rendah yang tetap menarik. Anda dapat menjelajahi pantai-pantai publik, melakukan trekking di pegunungan, mengunjungi pasar lokal, atau mengikuti festival dan acara budaya yang diadakan secara gratis atau dengan biaya terjangkau. Ini akan memberi Anda pengalaman yang autentik tanpa harus menghabiskan banyak uang.
  11. Gunakan Aplikasi dan Situs Perjalanan Online: Manfaatkan aplikasi dan situs perjalanan online untuk mencari penawaran terbaik. Anda dapat membandingkan harga tiket pesawat, akomodasi, dan paket tur untuk memastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Beberapa situs juga menawarkan diskon khusus atau penawaran last minute yang dapat membantu Anda menghemat uang.
  12. Bawa Perlengkapan Sendiri: Untuk menghemat biaya sewa atau pembelian di tempat, bawa perlengkapan pribadi seperti alat snorkeling, tenda, dan perlengkapan hiking jika Anda berencana untuk melakukan kegiatan outdoor. Ini akan membantu mengurangi biaya tambahan dan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan potensi petualangan dengan lebih baik.
  13. Tawar Menawar dengan Bijaksana: Di Filipina, tawar menawar adalah hal umum terutama di pasar tradisional atau ketika Anda membeli suvenir. Jangan ragu untuk bernegosiasi harga dengan penjual, tetapi tetaplah sopan dan hormati proses tawar menawar secara budaya.
  14. Jelajahi Destinasi Lokal: Alih-alih hanya mengunjungi destinasi yang sangat populer, luangkan waktu untuk menjelajahi destinasi lokal yang kurang dikenal namun memiliki pesona sendiri. Anda mungkin menemukan tempat-tempat yang tidak begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan juga lebih terjangkau.
  15. Ikuti Wisata Self-Guided: Daripada menggunakan jasa tur berbayar, pertimbangkan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata secara mandiri. Anda dapat menggunakan peta, panduan online, atau aplikasi perjalanan untuk mendapatkan informasi dan petunjuk yang dibutuhkan. Ini akan menghemat biaya dan memberikan kebebasan lebih dalam menjelajahi destinasi.
  16. Jaga Keuangan Anda: Selalu pantau pengeluaran Anda selama perjalanan. Buat anggaran harian yang realistis, hindari pemborosan, dan pertimbangkan pengeluaran Anda dengan bijaksana.
  17. Hindari Panggilan Telepon Roaming: Panggilan telepon atau penggunaan data roaming saat berada di luar negeri dapat sangat mahal. Sebaiknya, gunakan Wi-Fi gratis di akomodasi atau tempat-tempat umum untuk berkomunikasi melalui aplikasi pesan atau panggilan internet seperti WhatsApp atau Skype. Anda juga dapat membeli kartu SIM lokal dengan paket data yang terjangkau untuk mengakses internet selama perjalanan.
  18. Pilih Masa Inap yang Fleksibel: Jika jadwal perjalanan Anda fleksibel, coba cari tahu tentang harga akomodasi di hari-hari tertentu yang lebih terjangkau. Beberapa akomodasi mungkin menawarkan harga diskon pada hari-hari tertentu atau periode tertentu dalam satu tahun.
  19. Pertimbangkan Transportasi Darat: Jika waktu Anda cukup dan jarak tempuh tidak terlalu jauh, pertimbangkan menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta api daripada penerbangan domestik. Selain lebih murah, Anda juga dapat menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan.
  20. Hindari Kelebihan Bagasi: Pastikan Anda memeriksa batas berat bagasi yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan Anda. Hindari biaya tambahan dengan memastikan berat bagasi Anda sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Bawa hanya perlengkapan penting yang diperlukan dan hindari membawa barang-barang yang tidak perlu.
  21. Gunakan Transportasi Berbagi: Jika Anda bepergian bersama dengan teman atau keluarga, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi berbagi seperti mobil sewa yang dapat dibagi biayanya. Ini akan membantu mengurangi biaya transportasi Anda secara keseluruhan.

Wuihhh banyak juga ya tipsnya. Hehe. Dengan mengikuti tips hemat di atas, Anda dapat menjelajahi Filipina tanpa harus melebihi anggaran Anda. Selain itu, menghemat uang juga memberi Anda kesempatan untuk mengalami lebih banyak petualangan dan menikmati keindahan negara tersebut dengan lebih bebas.

 

 

Postingan populer dari blog ini

Tips Backpacker-an ke Bandung

Abrasi Pantai: Pencegahan dan Penanggulangannya

The Famous Natural Attractions in Bandung